Geliat Industri Boneka CV Rangga Dewi

on Rabu, 26 Mei 2010

Berdayakan Warga Sekitar, Pemasaran libatkan pelanggan

Berkat kerja kerasnya, Ari Hariati sukses mengembangkan usaha pembuatan boneka. Kini pelangganya tersebar hingga ke luar pulau Jawa.
Industri boneka rumahan milik Ari Hariati di Desa Sukahati, kampumg Sangkali, Kecamatan Citeureup ini cukup dikenal warga. Karena, seluruh pegawainya yang berjumlah 38 orang berasal dari daerah sekitar. Ketika Saya berkunjung ke pabrik yang tak lain adalah rumah sederhana itu, terdapat sekitar sepuluh karyawan yang terlihat sibuk dengan pekerjaanya.
Para pegawai ini terdiri dari bagian pemotongan kain, bagian memasukan kapas kedalam boneka dan bagian finishing.
Ya, proses pembuatan boneka memang cukup rumit. Sedikitnya ada lima tahap pembuatan boneka hingga siap kirim.Tahap pertama adalah pembuatan pola yang dilakukan langsung oleh Ari.Saat ditanya mengapa dirinya terjum langsung dalam pembuatan pola, ia menagtakan itu dilakukan agar hasilnya lebih maksimal. " Karen membuat pola itu tidak mudah, harus berpikir tentang inovasi baru" tuturnya.
Tahp kedua lanjutnya, yakni memotong pola yang dilakukan sekitar dua pegawai pria menggunakan alat potong. Setelah itu, masuk tahap penjahitan oleh 20 orang pegawai wanita menggunakan mesin jahit listrik."keempat adalah tahap pembersihan yakni memotong benang-benang lebih. Terakhir tahap pengemasan, selanjutnya tinggal dipasarkan" katanya.

0 komentar:

Posting Komentar